3 Makanan Penjaga Imunitas di Musim Hujan

Parents pasti ingin memberikan nutrisi terbaik bagi si Kecil dan keluarga. Asupan makanan, terlebih saat musim hujan seperti di bulan Desember ini, sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sebenarnya sakit dapat terjadi kapan saja. Tetapi, saat musim hujan, munculnya penyakit common cold (batuk, pilek, dan diare) pada umumnya mengalami peningkatan.


Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Hal ini dikarenakan atmosfer berubah menjadi lebih tinggi ketika musim hujan. Pergantian cuaca yang begitu cepat dari panas ke dingin ini juga membuat sistem homeostasis pada tubuh bekerja lebih keras. Perubahan suhu yang ekstrem, minimnya aktivitas fisik, kurang paparan sinar matahari, dan kondisi udara yang cenderung lebih lembab dapat meningkatkan risiko untuk tubuh terserang virus, bakteri, jamur, mengalami alergi, infeksi, hingga masalah makan dan pencernaan. Waduuh, jangan sampai Miifam mengalami ini ya!

Meskipun tubuh mudah terserang penyakit saat musim hujan, bukan berarti kita tidak bisa mencegahnya lho. Salah satu pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan memperhatikan kualitas dari asupan nutrisi.

Di bawah ini adalah beberapa pilihan makanan yang bisa Parents konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat musim hujan.

1. BUAH PIR

Dengan kandungannya yang kaya akan serat, vitamin dan mineral, buah ini efektif untuk melindungi diri dari penyakit yang biasanya menyebar saat musim hujan.

Mengonsumsi 2 buah pir dapat memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan serat harian lho, Miifam.

Asupan serat yang cukup dapat melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah terjadinya sembelit. Dengan BAB yang teratur, pencernaan akan menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah pir terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tingginya kadar flavonoid, vitamin K dan tembaga pada buah ini juga bermanfaat untuk melawan peradangan, sehingga tubuh menjadi lebih fit dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu, buah pir termasuk antipiretik yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam menyerang. Untuk itu, mengonsumsi buah pir secara rutin saat musim hujan sangat direkomendasikan. 

Buah pir memiliki cita rasa yang manis dan menggiurkan sehingga banyak digemari oleh anak-anak. Untuk mendapatkan khasiat buah pir, Parents bisa mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk potongan buah atau jus, serta mencampurkannya dengan salad sayur. Namun, pastikan Parents telah mencucinya dengan air mengalir hingga benar-benar bersih ya!

2. BAWANG PUTIH

Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh American Family Physician, seseorang yang mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mencegah dan mengurangi frekuensi terserang penyakit influenza. Senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih mampu untuk membunuh kuman penyebab pilek, batuk, radang tenggorokan, dan flu.

Studi lain menemukan bahwa bawang putih ampuh untuk mengurangi infeksi bakteri H.pylori di lambung sehingga bisa menjaga kesehatan saluran penceranaan.

Khasiat bawang putih dapat diperoleh secara maksimal melalui kandungan senyawa allicin pada bawang putih mentah. Untuk mendapatkannnnya, bawang putih bisa langsung dikunyah, dipotong, atau ditumbuk. Perlu diperhatikan oleh Parents untuk jangan memasaknya di atas suhu 60 derajat Celsius, karena dapat menghilangkan kandungan allicin yang bermanfaat bagi tubuh.

Disamping itu, Parents juga bisa memasak menu makanan yang memiliki bahan dasar kaldu bawang putih, seperti sup labu, wonton soup, sup kacang merah, lalu disajikan lengkap dengan nasi. Yummy, sajian ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat hari sedang hujan!

                                                Wonton Soup

3. KACANG ALMOND

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang pohon yang kaya akan lemak sehat, antioksidan, serta memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya. Dalam pedoman terbaru dari American Academy of PediatricsPediatrcs (AAP), almond termasuk salah satu kacang-kacangan yang boleh diberikan pada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan.

Satu butir kacang almond memiliki khasiat yang luar biasa untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin E, vitamin B1 B2 B3, fosfor, kalsium, zat besi, magnesium, tembaga, dan seng yang berkaitan erat dengan sistem imunitas.

Selain itu, kandungan antioksidan dan sifat basa pada almond dipercaya mampu membersihkan tubuh dari racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi.

Meskipun almond memiliki cita rasa dan manfaat yang menggiurkan, Miifam harus tetap harus waspada dengan risiko terjadinya alergi. Selain itu, hindari konsumsi kacang almond mentah karena memiliki kandungan amygdalin glikosida, yaitu zat kimia yang dapat melepaskan senyawa sianida, karena hal ini berisiko menimbulkan keracunan sianida.

Itulah 3 pilihan makanan yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh saat memasuki musim hujan. Selain dari kualitas asupan nutrisi, dalam menjaga daya tahan tubuh, Miifam juga harus beristirahat dengan cukup, rutin melakukan aktivitas fisik, dan kelola stress.

Stay safe dan sehat selalu ya, Miifam!

Leave a Replay

Shop Now At

FIND US ON TOKOPEDIA SHOPEE