By Alamii Marketing Team

3 Manfaat Madu untuk Kulit Sehat Alami

Madu sangat populer karena beragam manfaatnya, salah satunya untuk kulit

 

Madu adalah zat yang kental dan memiliki rasa manis yang dibuat oleh lebah. Binatang tersebut menghasilkannya dengan cara mengeluarkan nektar bunga dengan probosis atau lidah lebah, kemudian mereka membawanya kembali ke sarang dan mengolahnya dengan melepaskan enzim tertentu. Diperkirakan Madu sudah dikonsumsi sejak peradaban kuno hingga sekarang hal ini dikarenakan berbagai manfaat yang dikandungnya.

Madu memiliki beragam jenis, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis yang cukup populer. Salah satu jenis yang populer adalah madu hutan Sumbawa. Jenis ini diproduksi dari lebah liar yang menghisap nektar bunga di daerah hutan sumbawa, umumnya berasal dari nektar pohon bidara dan kopi. Jenis lainnya yang berasal dari Indonesia dan tidak kalah populer adalah madu hutan Sumatera. Seperti namanya, yang berasal dari daerah hutan Sumatera. Jenis ini cukup populer ditemui di pasaran.

Manfaatnya dapat diperoleh dengan dikonsumsi secara utuh atau digunakan langsung pada kulit. Banyak produk di pasaran yang menggunakannya sebagai bahan utama karena beragam manfaat yang dikandungnya. Kandungan secara umumnya terdapat karbohidrat, air, protein dan sejumlah kecil asam amino. Selain itu juga mengandung vitamin C  yang banyak dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Sejak dahulu, umumnya dipercaya menjadi obat tradisional yang memiliki beragam khasiat, seperti menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan, menurunkan gejala asam lambung yang naik, menjadi sumber energi hingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam dunia kecantikan, madu juga memiliki peran yang signifikan. Kandungan antioksidannya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Berikut adalah manfaat madu bagi kecantikan untuk memperoleh kulit sehat yang alami.

1. Hidrasi Kulit yang Maksimal 

Kulit kering dan kusam menjadi masalah yang umum terjadi bagi banyak orang, terutama di lingkungan dengan udara kering bagi sebagian orang. Kulit menjadi terlihat jelas garis halus hingga timbulnya sisik bahkan menimbulkan rasa sakit akibat kulit kurang terhidrasi. Berkat sifat humektannya, madu secara alami menarik dan menahan kelembapan di dalam kulit, menjadikannya solusi sempurna untuk hidrasi.

2. Menghaluskan Kerutan

Seiring bertambahnya usia, munculnya kerutan menjadi salah satu perhatian utama dalam perawatan kulit. Kerutan bisa muncul karena berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, kurangnya tidur yang cukup, dan kurangnya kelembaban pada kulit. Kerutan biasanya terlihat lebih jelas di area wajah seperti di sekitar mata, dahi, dan mulut.  Madu memiliki sifat higroskopis yaitu, kemampuan zat yang dapat menyerap molekul air dari lingkungannya. Sifat ini dapat menghasilkan peningkatan elastisitas pada kulit dan juga menghaluskan kerutan yang sangat bermanfaat sebagai anti aging.

3. Solusi untuk Beberapa Kondisi Kulit

Madu tidak hanya melembabkan dan menghaluskan, tetapi juga memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang membuatnya ideal untuk mengatasi berbagai kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Menggunakan madu secara topikal dapat menenangkan kulit yang meradang, mengurangi kemerahan dan gatal, serta mempercepat proses penyembuhan.

Tak hanya dapat digunakan langsung ke kulit, madu seringkali menjadi pilihan untuk sentuhan menjadi manis pada hidangan. Makanan utama, hidangan penutup, atau bahkan cemilan favorit, banyak yang menggunakan madu. Kaya akan manfaat dan cita rasa alaminya, membuatnya dijadikan pilihan yang tepat untuk menambahkan rasa manis alami pada berbagai santapan.

Alamii Gummy

Jelajahi manfaat madu dengan cara yang menyenangkan dan lezat melalui Alamii Honey Gummy. Dibuat dari 100% madu hutan asli Indonesia, gummy ini menawarkan cara nikmat untuk mendapatkan semua kebaikan madu setiap hari. Alamii Honey Gummy merupakan gummy yang terbuat dari ekstrak buah-buahan asli. Hadir dengan rasa Wild Berries yang terdiri dari buah beri dan stroberi, dan rasa Tropical Rush yang merupakan campuran buah lemon, markisa dan jambu. Alamii Honey Gummy menyediakan camilan sehat yang disukai semua orang, dari anak-anak hingga dewasa.

Tidak perlu khawatir, karena Alamii Honey Gummy sudah bersertifikasi halal dan BPOM. cemilan yang menyenangkan, aman dan dapatkan manfaatnya dari Alamii Honey Gummy.