By Alamii Marketing Team

Kenali Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Salah satu manfaatnya untuk tumbuh kembang anak, termasuk cegah stunting.

Optimalkan tumbuh kembang anak dengan memperhatikan aspek-aspek kunci dalam pola makan dan gaya hidup mereka. Dalam menjalani fase pertumbuhan dan perkembangan, penting untuk memberikan nutrisi yang tepat agar mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak. Memahami kebutuhan gizi anak secara menyeluruh, agar dapat memberikan fondasi yang kokoh untuk masa depan yang sehat dan bahagia.

 

Mengkonsumsi gizi seimbang sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang. Gizi seimbang adalah susunan asupan sehari-hari yang jumlah dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Zat gizi terbagi atas zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Zat gizi makro terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Zat gizi mikro adalah zat gizi yang tetap dibutuhkan oleh tubuh namun, jumlahnya tidak sebesar zat gizi makro. Vitamin dan mineral termasuk zat gizi mikro. 

 

Setiap zat gizi yang diperoleh dari makanan dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing zat gizi memiliki fungsinya masing-masing untuk menjalankan tubuh. Protein merupakan salah satu bentuk zat gizi makro yang tersusun atas senyawa asam amino. Ketika  seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan akan menguraikannya menjadi asam amino. Selanjutnya, tubuh akan menyatukan asam amino ini untuk memastikan fungsi tubuh berjalan dengan baik. Berikut adalah manfaat protein khususnya untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

 

  • Bermanfaat untuk pertumbuhan tinggi badan anak
  • Salah satu manfaat protein yang cukup diketahui banyak orang adalah dapat berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Asupan protein merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tinggi badan, sehingga individu dengan asupan rendah mempunyai risiko lebih tinggi mengalami stunting. Berdasarkan hasil, 30,6% anak dengan asupan protein di bawah standar yang dianjurkan mengalami stunting. 

     

  • Bermanfaat untuk sistem imun 
  • Manfaat protein yang tidak kalah penting adalah mendukung sistem imun tubuh manusia. Asam amino sangat penting untuk sintesis protein kekebalan tubuh, termasuk sitokin dan antibodi yang memediasi respon imun. Sistem imun yang baik akan mencegah dari mudahnya terserang virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

     

  • Perkembangan Otak
  • Sejak dalam kandungan, pembentukan dan perkembangan otak dimulai. Apabila kekurangan, dapat berisiko pada janin berukuran lebih kecil daripada ukuran ideal seusianya, hal ini dapat terjadi disebabkan oleh kekurangan gizi protein dan energi. Kekurangan protein sejak dalam kandungan juga dapat mengakibatkan otak janin lebih kecil dibanding normalnya. 

     

  • Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak
  • jaringan tubuh adalah komponen penting dalam struktur dan fungsi tubuh manusia. Jaringan  yang tersusun atas sel-sel yang memiliki spesialisasi tertentu dan terorganisir secara teratur untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu. Manfaat protein untuk jaringan tubuh adalah membantu pemeliharaan dan perbaikan jaringan, serta penipisan jaringan luka dengan cara mengurangi pembentukan fibroblas dan perkembangan kolagen. Asupan yang cukup akan mengoptimalkan laju penyembuhan luka. 

     

    Manfaat protein dapat diperoleh dari mengkonsumsi beberapa contoh makanan berikut. Berdasarkan sumbernya, terbagi atas nabati dan hewani. Ikan, susu, daging, telur, dan produk olahan susu merupakan contoh sumber protein hewani. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, tempe, tahu dan biji-bijian merupakan sumber protein nabati. Penuhi kebutuhan protein dengan memberikan makanan sehari-hari yang mengandung kedua jenis tersebut, umumnya bahan-bahan tersebut diolah menjadi bentuk lauk-pauk. 

     

    Manfaat protein juga dapat diperoleh dari mengkonsumsi cemilan yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung sumber protein. Seperti Alamii Peanut Butter Puffs, cemilan anak yang berbahan dasar kacang asli yang dapat menjadi sumber protein untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Perpaduan rasa manis dan sedikit asin dari kacang sangat natural, karena menggunakan kacang asli dan tidak diberikan tambahan bahan buatan.

     Alamii Puffs Peanut Butter cemilan sehat mengandung protein

    Alamii Puffs memiliki tekstur yang mudah lumer di mulut, membuatnya mudah dikonsumsi anak-anak. Proses pengolahannya juga dipanggang, tidak digoreng, yang tidak membuatnya berminyak ketika digenggam. Tidak perlu khawatir karena Alamii Puffs sudah bersertifikasi halal dan juga terdaftar di BPOM. Alamii Peanut Butter Puffs, cemilan sehat sumber protein, bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Yuk! jadikan Alamii Puffs Peanut Butter cemilan sehat anak dan menjadi sumber protein untuk tubuhnya.