By Alamii Marketing Team

8 Ide Aktivitas Tanpa Gadget untuk Mengisi Liburan si Kecil

Selain seru, si Kecil juga dapat belajar sambil bermain!

 

Liburan menjadi momen yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Terkadang ketika liburan, aktivitas si Kecil hanya bermain gadget dan enggan melakukan kegiatan lain. Kegiatan bermain gadget apabila dilakukan berjam-jam dan setiap hari tentu akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan si Kecil. Dampak buruk yang mungkin terjadi adalah dapat menimbulkan gangguan penglihatan, sakit kepala, gangguan pola tidur, dan masih banyak lagi. Akibatnya, momen liburan menjadi tidak menyenangkan!

Mengatasi masalah tersebut, perlunya kerjasama orang tua dan anak untuk mencari aktivitas ‘no screen time’ lain yang dapat bermanfaat untuk si Kecil. Orang tua juga diharap dapat proaktif dan mengawasi si Kecil dalam melakukan aktivitas untuk mengisi liburan. Simak rekomendasi aktivitas berikut untuk mengisi liburan si Kecil yang memberikan banyak manfaat. 

 

1. Berkebun 

Berkebun bisa menjadi opsi aktivitas mengisi liburan si Kecil yang memberikan pengalaman baru. Ketika berkebun, si Kecil dapat belajar ragam jenis tanaman. Mulai dari tanaman hias, obat, sayur dan juga buah-buahan. Kegiatan berkebun juga dapat mengasah kemampuan motorik halus si Kecil.

Rangkaian kegiatan berkebun seperti menggunakan peralatan-peralatan berkebun, memegang benda kecil seperti bibit, dan sebagainya dapat mengasah motorik halus si Kecil. Kegiatan yang dapat mengasah kemampuan motorik halus si Kecil ini nantinya akan bermanfaat ketika dewasa. 

 

2. Kegiatan seni

Membuat prakarya, melukis, mewarnai, dan sebagainya menjadi kegiatan seni yang menarik. Kegiatan seni untuk mengisi aktivitas liburan dapat menjadi opsi untuk mengasah kreativitas si Kecil. Anak yang memiliki kreativitas yang tinggi dapat mengembangkan imajinasinya dan dapat memberikannya ide-ide baru.

Tidak hanya mengembangkan kreativitas, si kecil juga dapat belajar untuk menikmati proses dalam setiap pembuatan karya seni. Kenalkan juga si Kecil pada beragam warna, bahan-bahan serta tekstur untuk membuat seni, hingga beragam jenis kesenian. 

 

3. Memasak 

Mencoba resep baru ataupun membuat masakkan kesukaan si Kecil menjadi aktivitas yang menyenangkan. Memasak bersama si Kecil menjadi kegiatan bermanfaat dalam mengisi waktu liburan karena si Kecil dapat belajar berbagai jenis bahan-bahan makanan. Tidak hanya itu, bagi si Kecil yang masih dalam usia perkembangan motorik, memasak bisa menjadi salah satu kegiatan yang mendukung perkembangan si Kecil.

Ketika memasak, berikan si Kecil kesempatan untuk mengaduk, menggulung, memeras, dan sebagainya untuk mengembangkan motorik halusnya. Tentunya ketika memasak senantiasa mengawasi si Kecil agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya mengasah kemampuan motorik, memasak juga dapat meningkatkan kreativitas si Kecil. Dengan memasak, si Kecil dapat belajar mengenai angka dan hitung-hitungan sederhana, seperti pengenalan membaca angka di timbangan, menghitung, dan sebagainya.

 

4. Meningkatkan minat baca

Minat baca dan literasi yang tinggi akan membantu meningkatkan keterampilan komunikasi, Si kecil akan lebih terpapar bahasa, huruf dan angka. Manfaat lainnya dengan membaca adalah si Kecil dapat lebih meningkatkan imajinasinya, kebanyakan buku-buku anak memiliki gambar dan cerita yang imajinatif. Meningkatkan imajinasi bagi si Kecil penting karena dapat menimbulkan berbagai ide dan membuat si Kecil menjadi kreatif.

Meningkatkan minat baca si Kecil dapat dilakukan ketika liburan dengan mengajak si Kecil ke perpustakaan atau taman baca. Perpustakaan atau taman baca terkadang tidak hanya menawarkan koleksi buku cerita anak, terdapat juga ensiklopedia anak, buku interaktif, dan lainnya. Ketika mengajak si Kecil ke perpustakaan atau taman baca, pastikan Moms ikut berperan dan mengawasi si Kecil untuk buku yang dibaca, momen ini juga dapat  meningkatkan quality time bersama si Kecil.

 

5. Mencoba transportasi umum

Bepergian ke tempat-tempat baru dalam rangka aktivitas mengisi liburan menjadi momen yang seru. Ajak si Kecil untuk menjelajahi museum, tempat wisata edukatif, dan tempat menarik lainnya menggunakan transportasi umum. Mencoba transportasi umum dapat mendukung perkembangan kognitif anak. Si Kecil dapat belajar bagaimana cara membayar tiket di transportasi umum, melihat ragam moda transportasi umum, hingga melihat pemandangan baru. Mengenalkan si Kecil dengan mencoba transportasi umum juga dapat menumbuhkan sifat mandiri yang ketika dewasa nanti akan bermanfaat untuk mereka.

 

6. Menjelajahi museum

Mengisi liburan tanpa ‘screen time’ lainnya yang menarik adalah menjelajahi museum. Menjelajahi museum tidak hanya dapat melihat harta budaya dan pengetahuan, tetapi juga menciptakan pengalaman yang mendidik. Dari seni lukis hingga sains dan sejarah alam, setiap museum memiliki cerita unik yang dapat dipelajari. Mengajak si Kecil pergi ke museum juga dapat memberikan beberapa manfaat, seperti meningkatkan rasa ingin tahu akan ilmu pengetahuan, mendidik anak untuk berpikir kritis, dan dapat meningkatkan wawasan si Kecil. 

 

 7. Berkemah di halaman

Aktivitas liburan tanpa gadget tidak harus selalu dilakukan dengan bepergian keluar rumah. Kegiatan seperti berkemah di halaman rumah dapat menjadi opsi atau pilihan jika ingin menghabiskan waktu tanpa perlu pergi meninggalkan rumah. Kegiatan seperti berkemah di halaman dapat mengajarkan team building pada si Kecil. Tidak hanya itu, kegiatan berkemah juga dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, meningkatkan kepedulian terhadap alam, dan melatih ketrampilan si Kecil. 

Beragam kegiatan dapat dilakukan ketika berkemah di halaman. Jangan lupa untuk membawa cemilan yang enak dan membuat mood menjadi lebih baik, seperti Alamii Honey Gummy

Gummy yang terbuat dari buah-buahan ini memiliki tekstur yang kenyal dan juga rasa buah yang asli karena hanya menggunakan bahan-bahan asli tanpa bahan buatan. Tidak perlu khawatir, Alamii Honey Gummy adalah gummy  yang mengandung madu asli untuk pemberi rasa manisnya.

Alamii Honey Gummy juga 25% lebih rendah gula dibanding gummy umumnya. Terdapat dua varian, Alamii Honey Gummy Wild Berries yang mengandung buah-buahan mixed berries yang memberikan rasa manis asam dari campuran buah beri. Apabila si Kecil lebih menyukai buah-buahan tropis, coba Alamii Honey Gummy Tropical Rush yang mengandung buah markisa, lemon, dan jambu yang memberikan kesegaran dari buah tropis. Yuk, pastikan untuk membawa Alamii Honey Gummy dalam kegiatan menyenangkan si Kecil! 

 

8. Berolahraga 

Rekomendasi aktivitas mengisi liburan yang memiliki segudang manfaat adalah olahraga. Ajak si Kecil berolahraga di luar rumah, dapatkan sinar matahari pagi yang juga baik untuk tubuh ketika berolahraga. Mulai dari jalan pagi, bersepeda, bermain bola, berenang, dan aktivitas olahraga lainnya sangat bermanfaat untuk si Kecil. Selain dapat membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan mencegah kenaikan berat badan berlebih, olahraga juga dapat membantu memperkuat tulang dan otot si Kecil. Memiliki tulang dan otot yang sehat sejak kecil dapat menjadi investasi kesehatan untuk si Kecil dikemudian hari. 

 

Dari rekomendasi aktivitas mengisi liburan di atas, jangan sampai terlewat untuk selalu menyiapkan cemilan sehat yang dapat menemani Si Kecil dalam seluruh aktivitas mengisi liburannya. Lengkapi aktivitas liburan si Kecil dengan cemilan sehat Alamii Puffs  yang diproduksi dengan bahan-bahan premium, dan tidak menggunakan bahan buatan. 

 

 

Cemilan sehat anak seperti Alamii Puffs solusinya! Diproduksi dengan cara dipanggang dan tidak pernah digoreng dan memiliki 7 varian rasa yang dapat disesuaikan dengan preferensi si Kecil! Alamii Puffs cemilan sehat anak yang cocok untuk menemani aktivitas liburan anak dan dapat dibawa kemanapun, memiliki kemasan yang praktis membuatnya menjadi pilihan yang tepat. Wujudkan liburan seru dengan aktivitas bermanfaat bersama Alamii Puffs!

Demikian 8 rekomendasi aktivitas tanpa gadget untuk mengisi liburan si Kecil. Pastikan untuk selalu dampingi si Kecil dalam setiap aktivitasnya agar selalu dalam pengawasan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.