By Alamii Marketing Team

Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif Anak, Cocok untuk Liburan!

Isi liburan dengan wisata edukatif bersama si Kecil

Liburan bersama si Kecil adalah momen yang penuh kegembiraan dan kenangan. Saat liburan, tidak hanya sekedar berkunjung ke tempat-tempat baru, tetapi juga melibatkan proses pembelajaran dan pertumbuhan bagi si Kecil. Ajak si Kecil berlibur ke tempat wisata edukatif yang bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk pengetahuannya. 

Sebelum bepergian ke tempat wisata, pastikan si Kecil membawa kebutuhan yang penting selama wisata. Kebutuhan si Kecil yang jangan sampai tertinggal, seperti cemilan, baju ganti, air minum, peralatan kebersihan. Cemilan menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk dibawa ketika wisata, khususnya dalam perjalanan menuju tempat wisata karena anak-anak seringkali merasa lapar dan ingin mengkonsumsi cemilan untuk dapat mengatasi rasa laparnya hingga waktunya makan utama tiba. Pastikan memberikan anak cemilan yang sehat dan kemasan yang ramah bepergian, seperti Alamii Puffs. 

 

Memiliki tujuh varian rasa yang dapat si Kecil coba. Alamii Chocolate Puffs dan Alamii Strawberry Yogurt Puffs dapat menjadi pilihan cemilan sehat bagi si Kecil apabila suka dengan cemilan yang dominan manis. Bagi si Kecil yang menyukai cemilan dengan rasa dominan asin, Alamii Chicken Mushroom Puff bisa menjadi cemilan sehat yang pas. Cemilan sehat dengan rasa yang gurih seperti Alamii Cheese Puffs dan Alamii Peanut Butter Puffs mungkin bisa jadi pilihan jika si Kecil suka dengan cemilan yang memberikan rasa gurih. Alamii Puffs juga memiliki varian yang berasal dari sayur, seperti Alamii Golden Veggie Puffs dan Alamii Cheesy Tomato Puffs, cocok bagi si Kecil yang susah makan sayur. 

Cemilan sehat Alamii Puffs dibuat dengan dipanggang dan tidak digoreng, menggunakan bahan yang premium dan bahan-bahan asli tanpa bahan buatan. Alamii Puffs sudah terdaftar dalam BPOM dan bersertifikasi halal. Kemasan Alamii Puffs yang juga praktis cocok untuk dijadikan teman cemilan ketika berwisata. 

 

Beberapa tempat wisata tidak mengizinkan membawa makanan atau cemilan masuk, pastikan si Kecil telah mengkonsumsi cemilan sebelum mulai masuk tempat wisata agar tidak kelaparan saat wisata berlangsung.

berikut adalah rekomendasi tempat wisata edukatif yang cocok untuk dikunjungi bersama si Kecil.  Liburan  menjadi berkesan dan memberikan pengetahuan baru bagi si Kecil.

 

  • Jakarta Aquarium 

  • Wisata edukatif yang pertama adalah Jakarta Aquarium. Tempat wisata yang berlokasi di Neo Soho, Jakarta Barat ini menawarkan pengalaman melihat hewan-hewan akuatik dan beberapa hewan non akuatik. Si Kecil pastinya dapat belajar mengenai beragam bentuk dan jenis hewan-hewan, khususnya hewan-hewan air, seperti Ikan kerapu raksasa, Mandarin fish, pari elang dan masih banyak lagi. Jakarta Aquarium juga menawarkan pengalaman memberi makan langsung kepada hewan dengan penjagaan petugas. Melihat dan mempelajari beragam jenis hewan tentunya dapat menambah wawasan si Kecil.  

     

  • Learning Farm Ancol
  •  

    Wisata edukatif selanjutnya adalah Learning Farm yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara. Learning Farm Ancol menawarkan wahana bermain sambil belajar, seperti berkebun dan bertani. Si Kecil dapat belajar bagaimana cara menanam, mengurus, dan memanen sayuran. Si Kecil juga dapat melihat berbagai tanaman buah dan sayur, mulai dari tanaman apotek hidup, sayuran organik, dan buah-buahan. Seluruh rangkaian dalam Learning Farm Ancol tentunya dengan bimbingan pengawas, jadi si Kecil dapat belajar dan bermain dengan aman. 

     

  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

  • Merupakan destinasi wisata yang terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur ini menawarkan edukasi budaya Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah atau TMII ini memiliki berbagai wahana rekreasi edukasi budaya Indonesia. Salah satu yang cukup terkenal di TMII adalah anjungan daerah yang merupakan koleksi bangunan rumah adat dari 33 provinsi di Indonesia. Si Kecil dapat belajar berbagai suku di Indonesia dari rumah adat dan ciri khasnya. Tidak hanya anjungan rumah daerah, terdapat tujuh rumah ibadah yang berada di TMII yang bisa menjadi edukasi bagi si Kecil. 

     

  • Rumah Atsiri 
  • Bergeser ke daerah Jawa Tengah, wisata edukasi selanjutnya yang menawarkan berbagai kegiatan adalah Rumah Atsiri Indonesia. Terletak di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah ini merupakan wisata edukasi yang mengenalkan sejarah minyak atsiri dan proses pembuatannya. Rumah Atsiri ini awalnya merupakan hasil restorasi dari bekas pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria tahun 1963. Rumah Atsiri menawarkan berbagai macam kegiatan seperti, kebun aromatik yang berisi koleksi tanaman-tanaman pembuat minyak esensial, museum minyak esensial yang berisi sejarah dan cara membuat aromaterapi, berbagai workshop pembuatan produk-produk dengan bahan dasar minyak esensial, dan Kids Lab yang menawarkan berbagai eksperimen sains sederhana untuk si Kecil. 

     

  • Eco Green Park 
  •  

    Wisata edukasi ini berlokasi di Kota Batu, Malang. Eco Green Park memiliki banyak kegiatan yang berkaitan dengan ramah lingkungan dan alam yang dapat menjadi sarana edukasi bagi si Kecil. Kegiatan  tersebut seperti, belajar tentang biogas dan manfaatnya, memilah sampah dan mendaur ulang menjadi kompos, rumah hidroponik, taman biogas dan lainnya. Si Kecil juga dapat belajar dan melihat berbagai macam serangga dan memberi makan serta melihat burung-burung. 

    Dari rekomendasi tempat wisata edukatif anak yang cocok untuk liburan di atas, pastikan si Kecil untuk menikmati kegiatan yang terdapat di tempat-tempat wisata tersebut. Selalu awasi si Kecil agar tetap aman ketika berwisata.