By Alamii Marketing Team

Gizi Seimbang si Kecil Saat Berpuasa

Penuhi kebutuhan gizi si kecil walaupun sedang dalam berpuasa 

Saat menjalani puasa, menjaga gizi si Kecil tetap seimbang menjadi prioritas utama bagi para orang tua. Dengan pemahaman yang tepat tentang makanan yang sehat dan strategi pemilihan menu yang benar, puasa anak-anak bisa tetap berjalan lancar sampai akhir. 

Penuhi gizi seimbang anak saat puasa dapat terwujud dengan memahami istilah gizi seimbang terlebih dahulu. Gizi seimbang adalah pola makan harian yang menyediakan jenis dan jumlah gizi yang dibutuhkan tubuh sesuai kebutuhan. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan variasi makanan yang dikonsumsi, rutinitas aktivitas fisik, kebiasaan hidup bersih, dan menjaga berat badan agar tetap stabil guna mencegah masalah gizi yang mungkin timbul. 

Salah satu pilar gizi seimbang adalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Pastikan si Kecil tetap mengkonsumsi berbagai jenis makanan karena tidak ada satu makanan yang mengandung semua zat gizi, sehingga dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan kebutuhan gizi si Kecil akan terpenuhi. 

 

  • Karbohidrat 
  • Karbohidrat adalah salah satu makronutrien yang penting dalam pola makan sehat. Sebagai sumber energi utama bagi tubuh, karbohidrat dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti nasi, roti, pasta, sereal, buah-buahan, dan sayuran. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa oleh tubuh dan digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas sehari-hari. Pastikan si Kecil mengkonsumsi karbohidrat yang cukup dalam sahur dan berbuka, agar tetap membuat si Kecil bertenaga dalam menjalani hari. 

     

  • Protein
  • Protein adalah komponen penting lainnya. Sahur dan berbuka dengan sumber protein seperti daging, ikan, telur, atau cemilan sehat seperti Alamii Chicken Mushroom Puffs. Cemilan sehat ini terbuat dari gabungan ayam dan jamur shiitake yang memberikan rasa yang gurih. Kombinasi protein hewani dari ayam dan protein nabati dari jamur shiitake menjadikan Alamii Chicken Mushroom Puffs solusi cemilan sumber protein yang baik. 

     

    Sumber protein nabati seperti kacang-kacangan juga dapat ditemukan dalam cemilan sehat Alamii Peanut Butter Puffs. Terbuat dari peanut butter, cocok bagi si Kecil yang menyukai rasa gurih dan creamy dari kacang-kacangan.

    Alamii Puffs menjadi cemilan sehat karena diproduksi dengan dipanggang dan tidak digoreng. Bahan-bahan yang digunakan juga merupakan bahan premium yang tidak mengandung bahan buatan. Alamii Puffs sudah terdaftar dalam BPOM dan halal, sehingga aman dikonsumsi dan dijadikan cemilan yang cocok bagi si Kecil.

     

  • Lemak
  • Lemak yang sehat tidak kalah penting ketika puasa. Tidak hanya menjadi sumber energi, lemak juga berperan dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ dalam, serta membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Pilihlah lemak sehat seperti yang bersumber dari alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun. Pilihlah lemak sehat dalam konsumsi sahur dan berbuka untuk si Kecil.

     

  • Vitamin dan Mineral 
  • Vitamin dan mineral memegang peran penting selama bulan puasa karena membantu menjaga kesehatan tubuh dan memastikan fungsi organ tubuh tetap optimal. Vitamin seperti vitamin C dan vitamin E memiliki efek antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin bisa diperoleh dari sayur dan buah-buahan. Mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi otot yang optimal selama puasa. Memastikan asupan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral selama bulan puasa dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Mineral yang diperlukan tubuh dapat diperoleh dari berbagai bahan makanan seperti, sayuran hijau, daging-dagingan dan produk susu.

     

    Ketika puasa, kebutuhan gizi si Kecil harus tetap diperhatikan agar tetap dapat beraktivitas dan berenergi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi si Kecil ketika berpuasa, Moms bisa memberikan sahur dan makanan berbuka yang mengandung zat-zat gizi di atas. Baca juga artikel ide lauk sumber protein, cocok untuk berpuasa di sini