By Alamii Marketing Team

Atasi Masalah Si Kecil Susah Makan Sayur dengan Memahami Manfaatnya

Menumbuhkan Kebiasaan Makan Sayur pada si Kecil dengan tips berikut yuk, Moms!

Sayuran merupakan bagian penting dari pola makan sehat bagi si Kecil. Kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sayuran memberikan kontribusi yang baik dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Memiliki beragam warna, rasa, dan tekstur, sayuran tidak hanya memperkaya citarasa makanan, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang vital. Memperkenalkan si Kecil pada berbagai macam sayuran dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan perkembangannya. 

 

Di pasaran, sayuran dapat dikelompokkan menjadi sayuran hijau dan sayuran non hijau. Warna hijau pada sayuran didapatkan dari pigmen klorofil. Sayuran hijau terkenal akan vitamin, mineral, serat dan kalori yang rendah. Vitamin yang umum ditemui pada sayuran hijau adalah Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, dan Vitamin B. Tidak hanya Vitamin, terdapat kalium dan serat yang dikandung dalam sayuran hijau. Sayuran hijau juga mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Semakin gelap warna hijau nya maka kandungan gizinya semakin banyak. Bayam, kangkung, kale, merupakan beberapa contoh sayuran hijau.

 

Sayuran non hijau juga tidak kalah kandungan gizinya dengan sayuran hijau. Salah satu contohnya wortel, berwarna oranye karena mengandung pigmen beta karoten yang jika dikonversi dalam tubuh manusia menjadi Vitamin A. Selain wortel, tomat juga termasuk sayuran non hijau. Tomat mengandung Vitamin C yang baik untuk penyembuhan luka hingga menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal.

 

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bagi si Kecil, sayuran sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari sayuran yang membuat si Kecil harus mengkonsumsinya.

 

 

  • Mengandung serat
  • Serat adalah karbohidrat yang tidak bisa dipecah oleh tubuh, sehingga melewati tubuh tanpa tercerna. Terbagi  dalam dua jenis: tidak larut dan larut. Serat tidak larut ditemukan dalam sayur-mayur, biji-bijian, dan sereal gandum. Serat sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi serat dalam jumlah cukup setiap hari dapat menormalkan pergerakan usus. 

     

  • Mengandung berbagai macam vitamin
  • Sayuran banyak mengandung vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu vitamin  yang terkandung dalam sayuran adalah vitamin C yang dapat menjaga imunitas tubuh. Tidak hanya itu, sayuran juga mengandung vitamin A yang membantu dalam produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan mata. Sayuran juga mengandung vitamin B yang dapat membantu menjaga kesehatan fungsi organ serta sistem pencernaan. Vitamin-vitamin ini sangat bermanfaat bagi si Kecil untuk menjaga imunnya, kesehatan matanya dan sistem pencernaannya.

     

  • Mengurangi resiko obesitas
  • Obesitas pada anak dapat terjadi akibat kurangnya kontrol dalam makanan sehari-hari. Konsumsi serat yang kurang juga dapat menjadi faktor terjadinya obesitas pada anak, hal ini karena serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat mengurangi asupan makan pada waktu berikutnya. Sayuran mengandung serat yang dapat membantu dalam resiko obesitas.

     

     

    Membujuk si Kecil dalam mengkonsumsi sayur bagi sebagian orang tua menjadi tantangan tersendiri, lantaran si Kecil menolak mengkonsumsinya. Berikut adalah tips yang dapat Moms lakukan agar si Kecil mau mengkonsumsi sayuran. 

     

  • Perkenalkan ragam sayuran pada anak sejak dini
  • Memperkenalkan berbagai sayuran pada anak sejak dini adalah langkah penting untuk membentuk kebiasaan makan sehat hingga dewasa nanti. Paparan awal pada berbagai sayuran membantu anak-anak menjadi lebih terbuka akan jenis dan manfaat sayuran yang dapat membentuk kebiasaan makan sehat hingga dewasa.

     

  • Sajikan sayuran dengan menarik
  • Untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap sayuran, penting untuk menyajikannya dengan cara yang menarik dan menggugah selera.

     

  • Jangan paksa untuk menghabiskan sayuran
  • Bagi sebagian anak mungkin ketika pertama kali disajikan sayuran sudah menolak untuk mengkonsumsi nya. Bujuk anak perlahan untuk dapat mengkonsumsi sayur, walaupun hanya beberapa suap saja. Hindari memberikan tekanan dan trauma kepada anak ketika mengkonsumsi sayur. 

     

     

    Beragam manfaat sayur yang baik untuk kesehatan tubuh tentu jangan sampai terlewat. Pastikan selalu ada sayuran dalam setiap kali makan, agar kebutuhannya tercukupi. Moms bisa juga memberikan cemilan sehat yang berbahan sayuran seperti Alamii Golden Veggie Puffs. Puffs yang terbuat dari premium sweet corn powder dan carrot powder yang terbuat dari 100% jagung dan wortel asli. Alamii Golden Veggie Puffs memberikan rasa yang manis dan asin-gurih dari perpaduan sweet corn dan carrot. Tidak perlu khawatir, karena Alamii Puffs menggunakan bahan-bahan asli dan bukan bahan buatan serta tanpa MSG, si Kecil tetap bisa mendapatkan kebaikan sayuran dari Alamii Golden Veggie Puffs

     

     

    Alamii Puffs merupakan cemilan sehat yang memiliki tekstur mudah lumer di mulut, dapat memudahkan si Kecil ketika mengkonsumsinya. Alamii Puffs sudah bersertifikasi halal dan terdaftar dalam BPOM, jadi Moms tidak perlu khawatir. Cemilan anak yang sehat dan terbuat dari sayur, Alamii Golden Veggie Puffs jawabannya. Yuk Moms, wujudkan si Kecil terbiasa mengkonsumsi sayur sejak dini agar membentuk pola makan yang baik hingga dewasa nanti yang dimulai dari cemilan sehat, Alamii Puffs!