By Alamii Marketing Team

25 Ide Cemilan Sehat yang Mudah dan Bergizi

Cemilan yang bergizi dapat dibuat dengan mudah dan juga mengenyangkan!

Cemilan adalah jenis makanan ringan atau kecil yang seringkali dikonsumsi di antara waktu makan utama sebagai pengganjal lapar. Variasi cemilan sangat beragam, mulai dari kacang-kacangan, buah-buahan, keripik, biskuit, cokelat, dan berbagai makanan ringan lainnya. Meskipun dapat menjadi bagian dari pola makan harian, penting untuk memilih cemilan yang sehat dan bergizi agar tubuh tetap sehat dan mendapatkan manfaat gizi dari cemilan tersebut. 

Dalam memilih cemilan, pastikan pilih cemilan yang sehat dan bergizi. Berikut adalah tips-tips dalam memilih cemilan sehat. 

Tips memilih cemilan sehat
  1. Cemilan yang berbahan Alami, tidak mengandung bahan buatan. Hindari cemilan yang mengalami proses pengolahan yang berlebihan atau mengandung bahan tambahan yang tidak sehat seperti pengawet, pewarna, atau pemanis buatan
  2. Pilih cemilan yang terbuat dari bahan-bahan alami dan segar, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak.
  3. Pilih cemilan yang mengandung gizi penting untuk tubuh seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Hindari cemilan yang tinggi gula, garam, atau lemak jenuh.
  4. Periksa label gizi pada kemasan cemilan untuk mengetahui jumlah kalori, lemak, gula, dan garam yang terkandung di dalamnya. Pilih cemilan yang memiliki nilai gizi yang baik.
  5. Perhatikan porsi cemilan, konsumsilah cemilan dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan hindari makan berlebihan. Gunakan piring kecil atau wadah kecil untuk mengontrol porsi cemilan.
  6. Perhatikan waktu konsumsi cemilan. Hindari konsumsi cemilan berlebih yang mengakibatkan tidak mengkonsumsi makanan utama.
  7. Pilih cemilan yang mudah disimpan dan disajikan, seperti kemasan yang praktis.
  8. Variasi cemilan yang sehat termasuk buah-buahan, kacang-kacangan, sereal gandum utuh, atau produk susu rendah lemak.
  9. Perhatikan bahan cemilan, khususnya jika memiliki alergi atau diet tertentu. 
  10. Pilih air mineral sebagai teman cemilan, hindari dehidrasi ketika mengkonsumsi cemilan.

Dari tips-tips memilih cemilan sehat diatas, hal selanjutnya adalah macam-macam makanan yang bisa dijadikan cemilan sehat. Berikut adalah variasi cemilan sehat yang mudah dan juga bergizi. 

Ide cemilan sehat yang mudah dan bergizi
1. Yoghurt

Yoghurt adalah pilihan cemilan sehat yang mudah dan bergizi. Dibuat dari susu fermentasi, yoghurt kaya akan protein, kalsium, dan probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. 


Protein dalam yoghurt dapat membantu memperkuat otot, menjaga kesehatan tulang, dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat yoghurt dapat diperoleh dalam Alamii Puffs Strawberry Yoghurt yang baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan tulang, dan membuat kenyang lebih lama. Alamii Puffs Strawberry Yoghurt yang terbuat dari yoghurt asli Australia merupakan pilihan cemilan sehat yang bergizi dan mudah.

 

2. Granola

Granola adalah cemilan sehat yang terbuat dari campuran biji-bijian panggang, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering. Kaya akan serat, protein, dan nutrisi lainnya, granola merupakan pilihan yang ideal untuk mengkonsumsi cemilan yang mudah dan sehat. 

Granola dapat diolah menjadi berbagai variasi camilan. Dapat dipadukan dengan yoghurt, Smoothies, oatmeal dan lainnya. Granola memiliki rasa yang manis dan sedikit asam dari campuran buah-buahan keringnya. 

 

3.Sorghum 

Sorghum adalah salah satu biji-bijian yang bisa jadi pilihan cemilan sehat dan bergizi. Kaya akan serat dan juga protein, sorgum merupakan alternatif yang baik bagi yang ingin beralih ke cemilan yang sehat.

Berikut adalah olahan sorgum yang populer termasuk sorgum popcorn, sorghum bar, dan sorghum flakes. Berbagai pilihan olahan yang tersedia, sorgum dapat dinikmati sebagai camilan sehat yang cocok untuk berbagai selera dan preferensi.

 

4.Edamame

Edamame adalah sejenis kacang kedelai yang masih muda dan belum matang.  Edamame memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih, serta tekstur yang renyah ketika dimakan sebagai camilan atau bahan tambahan dalam hidangan. 

Edamame dapat dijadikan opsi cemilan sehat karena mengandung protein, lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, serat, serta vitamin dan mineral. Edamame juga dapat menurunkan resiko kanker karena mengandung isoflavon yang merupakan salah satu jenis antioksidan. 

 

5. Umbi-umbian

Umbi-umbian merupakan pilihan cemilan sehat dan sederhana yang dapat mudah ditemui. Ragam jenis umbi-umbian, seperti ubi madu, ubi ungu, singkong, dan lain sebagainya mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Terkenal akan karbohidrat kompleks, Umbi-umbian juga mengandung serat, vitamin, dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, potassium, dan magnesium.

Ubi madu dikenal karena memiliki rasa yang manis dan aroma yang khas. Ubi madu dapat diolah menjadi cemilan sehat seperti ubi madu panggang atau ubi madu rebus.

 

 6. Tomat

Tomat memiliki rasa asam dan aroma yang khas. Dibalik rasanya yang asam, tomat terkenal dengan kandungan beta karoten, likopen dan, lutein yang merupakan antioksidan. Manfaat dari antioksidan ini sangat banyak untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan mata dan melindungi dari timbulnya katarak. Tomat sering dijadikan campuran dalam salad sayur atau dikonsumsi bersama dengan keju dalam bentuk cemilan. Tomat juga sering dikonsumsi dengan cara diolah untuk menjadi saus yang digunakan dalam pasta ataupun pizza. 

Cara praktis mengkonsumsi tomat sebagai cemilan bisa terwujud dengan Alamii Cheesy Tomato Puffs! Cemilan sehat yang terbuat dari tomat dan keju menciptakan perpaduan rasa yang khas dari tomat dan gurih dari keju. Terbuat dari bahan-bahan asli premium dan tidak mengandung bahan buatan, Alamii Cheesy Tomato Puffs juga diproses dengan dipanggang dan  tidak digoreng. Dapatkan manfaat tomat dengan mudah dari cemilan sehat Alamii Cheesy Tomato Puffs.

 

7.Keju

Keju adalah produk olahan susu yang dihasilkan dari proses fermentasi susu, biasanya susu sapi, dengan penambahan asam laktat dan enzim. Keju mengandung protein, kalsium, Vitamin D, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang pada anak-anak dan dewasa. Tidak hanya menjaga kesehatan tulang, keju bisa juga membantu dalam pencegahan keropos pada tulang atau osteoporosis.  

 Cita rasa keju yang gurih dan teksturnya yang lembut sering dijadikan pelengkap pada sajian cemilan di berbagai belahan dunia. Alamii Puffs Cheese yang menggunakan keju cheddar asli. Gurih dari keju cheddar nya membuat Alamii Puffs Cheese cemilan sehat yang mudah dan tetap mendapat manfaat keju didalamnya.

 

8.Chia seed

Biji-bijian satu ini cukup populer belakangan ini. Termasuk dalam biji-bijian yang berasal dari tumbuhan. Kepopuleran chia seed ini karena beberapa manfaat yang dikandungnya. Kandungan serat yang terdapat pada chia seed ini diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Chia seed juga diketahui mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. 

Chia seed dapat diolah menjadi berbagai cemilan yang menyehatkan. Chia seed dapat diolah menjadi minuman yang dicampur dengan berbagai buah-buahan, pudding, atau dicampur dengan oatmeal.  

 

9.Sayur

Sayur merupakan bagian penting dari pola makan sehat yang kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat. Konsumsi sayur secara rutin dapat memberikan manfaat untuk tubuh, seratnya yang tinggi dapat membantu dalam sistem pencernaan. 

Umumnya sayur dikonsumsi bersamaan dengan makanan utama, tetapi sayur juga dapat dijadikan ide cemilan sehat. Cemilan sehat dan praktis yang mengandung sayur seperti Alamii Puff Golden Veggie yang terbuat dari wortel dan jagung manis. Hanya menggunakan bahan-bahan premium asli dan tidak mengandung bahan buatan, dapat menjadikan Alamii Puff Golden Veggie cemilan sehat yang dengan sayuran yang bergizi.

 

10. Popcorn 

Popcorn adalah cemilan yang  biji jagung yang mengembang akibat dipanaskan. Popcorn menjadi pilihan cemilan yang sehat dan juga mudah pembuatannya. Popcorn banyak disukai karena memberikan rasa gurih dan renyah dan tekstur nya yang crispy.

Popcorn dapat dijadikan opsi cemilan sehat karena merupakan camilan yang rendah kalori dan lemak selagi tidak ditambahkan gula atau perasa. Popcorn juga  mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk regulasi tubuh agar tetap berjalan.

 

11.Telur rebus

Salah satu sumber protein hewani ini bisa dijadikan ide cemilan sehat yang mudah. Protein pada telur penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot dan jaringan tubuh. Selain itu, telur juga mengandung lemak sehat, vitamin, dan mineral, seperti vitamin B12, vitamin D, selenium, dan zat besi.

Telur rebus bisa dijadikan opsi cemilan sehat yang mudah karena proses pembuatannya yang praktis.  Telur rebus merupakan pilihan cemilan yang rendah kalori, tidak berminyak dan mengandung protein yang dapat menahan kenyang lebih lama.

 

12. Kacang Arab

Kacang-kacangan merupakan cemilan sehat bersumber protein yang cukup populer. Cemilan yang merupakan sumber protein nabati ini dapat bermanfaat untuk kekuatan otot dan juga jaringan. 

Kacang arab dapat dikonsumsi langsung dan bisa juga diolah. Pengolahan umumnya adalah dipanggang, membuat teksturnya jadi semakin renyah dan gurih. 

 

13. Peanut Butter 

Terbuat dari kacang-kacangan, peanut butter umumnya menjadi olesan pada berbagai hidangan. Kaya akan protein dan serat, peanut butter menjadi pilihan cemilan yang cocok untuk yang ingin mendapatkan manfaat protein nabati dan serat karena terbuat dari kacang-kacangan. Umumnya peanut butter dipadukan dengan roti, biskuit, dan kue.  

peanut butter yang umumnya dalam bentuk selai, terkadang merepotkan untuk dikonsumsi karena harus dipadukan dengan roti, biskuit, dan kue. Alamii Puffs Peanut Butter , cemilan sehat yang terbuat dari peanut butter asli dan tanpa bahan buatan. Memiliki rasa yang gurih dan creamy, Alamii Puffs Peanut Butter bisa menjadi pilihan cemilan sehat yang memberikan manfaat dari peanut butter. Ngemil peanut butter tidak perlu repot lagi karena ada Alamii Puffs Peanut Butter.

 

14. Smoothies 

Cemilan sehat yang mudah dibuat adalah smoothies. Berbahan dasar buah-buahan atau sayur-sayuran yang mengandung berbagai serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Cemilan ini sering dijadikan opsi karena selain mudah, juga mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh.

Cemilan ini bisa juga dijadikan opsi cemilan dalam bentuk minuman, yang praktis bisa mudah dibawa kemanapun. Biasa disajikan dalam keadaan dingin menjadikannya opsi cemilan sehat yang pas untuk negara tropis. 

 

15. Rumput Laut

Rumput laut dapat menjadi opsi cemilan sehat yang bergizi. Salah satu kandungan dalam rumput laut adalah asam folat. Berperan dalam meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh, membuat asam folat dapat membantu dalam pencegahan anemia. 

Rumput laut seringkali dijadikan opsi cemilan yang menyehatkan dan juga enak. Memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang unik, menjadikannya rumput laut pilihan cemilan yang digemari banyak orang. Alamii Seaweed & Veggie Biscuits mengandung rumput laut yang memberikan rasa gurih alami yang membuat si Kecil pasti suka! Tidak hanya rumput laut, Alamii Seaweed & Veggie Biscuits  juga mengandung sayur-sayuran, seperti brokoli, bayam, tomat, dan wortel. Alamii Seaweed & Veggie Biscuits juga tinggi serat dan bebas lemak trans, menjadikannya cemilan yang sehat dan bermanfaat.

 

16. Buah Beri

Rasberi, Bluberi, dan stroberi merupakan contoh buah beri-berian yang terkenal dengan rasa manis keasamannya. Buah beri diketahui mengandung zat gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Terkenal akan kandungan vitamin c, vitamin a, dan serat. Bluberi dan stroberi tinggi juga terkenal tinggi kandungan antosianinnya, yang dapat membantu orang menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, studi menemukan manfaat antosianin juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan meningkatkan memori.

Buah beri dapat dijadikan opsi cemilan sehat kaya manfaat. Beberapa orang suka mengkonsumsinya langsung tanpa diolah, ada juga yang suka mengkonsumsinya dengan diolah terlebih dahulu. Seperti dibuat parfait, isian roti sandwich Jepang, dan sebagainya. Berikut rekomendasi olahan stroberi yang bisa dicoba di rumah.

 

Ingin mengkonsumsi buah beri tapi tetap praktis, Alamii Honey Gummy Wild Berries bisa menjadi pilihan yang tepat. Alamii Honey Gummy Wild Berries terbuat dari stroberi dan gabungan buah beri lainnya, mengandung madu asli yang memberikan rasa manis secara natural. Memiliki tekstur yang mudah dikunyah,  Alamii Honey Gummy Wild Berries menjadi pilihan cemilan yang menyenangkan untuk segala kegiatan. 

 

17.Oatmeal

Pilihan cemilan sehat yang mudah dan cukup populer adalah oatmeal. Oatmeal terbuat dari biji oat yang digiling. Oatmeal bisa dijadikan pilihan cemilan sehat karena mengandung serat larut yang baik untuk mengontrol berat badan. Tidak hanya itu, oat juga mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.


Oat dapat diolah menjadi berbagai macam cemilan. Populernya, ditambahkan susu atau yoghurt. Cemilan  berbahan oat yang praktis dikonsumsi dapat ditemukan dalam Alamii Oat & Milk Biscuits. Perpaduan gandum dan susu yang memberikan rasa gurih dan manis yang cocok menjadi cemilan yang enak dan juga sehat. Alamii Oat & Milk Biscuits juga merupakan biskuit tinggi serat dan bebas dari lemak trans, cemilan biskuit yang sehat dan juga aman.

 

18. Markisa 

Buah yang memiliki bentuk bulat dengan kulit keunguan ini memiliki cita rasa manis dan asam yang menyegarkan. Buah markisa mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang salah satu manfaatnya adalah dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Markisa sering dijumpai dalam bentuk minuman dingin yang menyegarkan. Tidak hanya dalam bentuk minuman, markisa kini dapat diperoleh dalam bentuk gummy yang kenyal. Alamii Honey Gummy Tropical Rush merupakan gummy yang salah satu kandungannya adalah buah markisa. Alamii Honey Gummy Tropical Rush merupakan gummy  yang kenyal, lezat dan terbuat dari buah asli. Alamii Honey Gummy Tropical Rush juga mengandung madu hutan asli sebagai pemberi rasa manisnya. Dapatkan manfaat dan kesegaran markisa dari Alamii Honey Gummy Tropical Rush!

 

19. Coklat

Coklat adalah produk yang terbuat dari biji kakao yang diproses menjadi bentuk pasta atau bubuk. Selain sebagai cemilan yang populer, coklat juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue, minuman, atau hidangan penutup lainnya. Coklat banyak disukai karena memberikan rasa yang memiliki ciri khas. Coklat juga mengandung berbagai mikronutrien yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Alamii Chocolate Puff cemilan sehat yang mengandung Belgian chocolate yang memberikan rasa coklat yang premium. Alamii Chocolate Puff  terbuat dari bahan-bahan asli dan tidak mengandung bahan buatan, menjadikannya Alamii Chocolate Puff  cemilan yang sehat.

Rasa coklat yang populer dan sangat khas juga menjadikannya rasa yang pas untuk cemilan biskuit. Aroma coklat juga memiliki aroma yang khas yang membuat kebanyakan orang suka dan menyukainya. 

Alamii Biscuit Milk & Cocoa menjadi biskuit tinggi serat yang memiliki cita rasa gabungan cocoa dan susu yang memberikan rasa creamy dari susu dan rasa cocoa yang khas. Alamii Biscuit Milk & Cocoa  juga merupakan biskuit multigrain dan tidak mengandung lemak trans, cemilan sehat dan aman untuk dikonsumsi.

 

20.Kacang Hijau

Salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup populer dan banyak disukai di Indonesia. Kacang-kacangan termasuk kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. 

Kacang hijau memiliki rasa yang khas dan tekstur yang empuk setelah dimasak. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai jenis cemilan yang mudah, sehat dan bergizi. 

 

21.Kacang Almond 

Termasuk kedalam jenis kacang-kacangan dan menjadi sumber protein nabati. Kacang almond tidak hanya mengandung energi yang cukup tapi mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Kacang almond bisa dijadikan pilihan cemilan sehat dengan langsung dikonsumsi atau diolah terlebih dahulu. Salah satu pengolahan kacang almond adalah dengan dipanggang atau membuat trail mix, yaitu campuran kacang almond dan biji-bijian, buah kering, dan dark chocolate.

 

22.Kefir

Kefir adalah produk fermentasi yang terbuat dari susu.Kefir kaya akan probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus. Selain itu, kefir juga merupakan sumber protein, kalsium, dan vitamin B.

Kefir memiliki rasa yang sedikit asam dan segar. Teksturnya yang cair tapi creamy membuatnya cocok menjadi cemilan sehat yang bergizi.

 

23.Hummus 

Hummus adalah pasta atau saus yang terbuat dari kacang-kacangan, terutama kacang c kacang Arab, yang dicampur dengan bahan-bahan seperti tahini dari pasta biji wijen, minyak zaitun, jus lemon, bawang putih, garam, dan rempah-rempah lainnya. Hummus mengandung berbagai zat gizi seperti protein, Vitamin C, Vitamin B6, zat besi, magnesium, dan folat. 

Hummus umumnya dikonsumsi dengan cara disantap sebagai olesan pada roti dan dijadikan dressing  pada salad. Tekstur hummus yang lembut dan creamy  membuatnya mudah dijadikan campuran pada berbagai cemilan, rasanya yang gurih juga menjadi opsi cemilan sehat. 

 

24.Agar-agar 

Agar-agar dapat dijadikan opsi cemilan karena  kaya akan serat dan rendah kalori. Serat memiliki banyak manfaat, seperti membantu dalam sistem pencernaan dengan cara membuat usus menjadi lebih aktif, sehingga pencernaan menjadi lancar. 

Agar-agar umumnya terbuat dari rumput laut yang diekstraksi. Di pasaran agar-agar sangat mudah ditemukan dalam bentuk bubuk, biasanya agar-agar diolah dengan dipadukan dengan potongan buah.

 

25. Natto

Cemilan berbahan dasar biji kedelai ini berasal dari jepang. Natto merupakan cemilan yang dibuat dengan cara fermentasi. Akibat dari proses pembuatannya tersebut, natto mengandung enzim yang baik untuk kesehatan usus karena meningkatkan bakteri baik pada usus. Natto juga mengandung protein nabati karena berbahan dasar biji kedelai.

Di Jepang, natto dikonsumsi untuk sarapan dengan dipadukan dengan nasi hangat. Natto belakangan ini mudah ditemukan di pasaran karena rasanya yang unik.

 

Demikian adalah cemilan yang mengandung berbagai manfaat dan pastinya tetap praktis dan mudah. Yuk dicoba!